Death Battle




Death Battle


A. Pembukaan 


1. Apa itu Death Battle?

Death Battle adalah pertarungan sampai mati antara dua video game populer atau karakter budaya pop. Ben Singer adalah pencipta, peneliti, penulis dan (untuk 19 episode pertama atau lebih) animator acara tersebut. Untuk membuat pertunjukan lebih menarik, dua karakter dibuat untuk menjadi pembawa acara, dan memberikan detail tentang masing-masing karakter sebelum pertempuran berlangsung.

Sumber : https://screwattack.fandom.com/wiki/DEATH_BATTLE


2. Cara kerja sistem Death Battle?

Tentunya sistem kerja Death Battle cukup simpel, kalian hanya perlu mengadu/membandingkan character fiksi baik dari kekuatan/kemampuan, pencapaian, dan sebagainya.

Biasanya, kalian akan disebut sebagai Debaters ketika kalian sudah masuk ke dunia Death Battle dan membandingkan char fiksi tersebut...


3. Dampak Positif/Manfaat/keuntungan apa saja yang bisa didapatkan?

Pasti kalian bertanya-tanya apa saja yang bisa didapatkan?

Nah ini dia manfaat yang bisa didapatkan :

- Bisa memahami materi sebelum debat

- Dapat memainkan imajinasi, seperti membuat karya sendiri dengan mengambil referensi dari character/cerita fiksi yang kalian baca/ikuti.

- Kalian bisa menilai sendiri character favorit kalian, mulai dari kemampuan, pencapaian, dll.

- Perluasan informasi fiksi/karya yang cepat.


4. Dampak Negatif

Selain ada manfaat Death Battle juga memiliki dampak negatif, seperti :

- Terkadang pembahasan selalu melenceng jauh dari topic.

- Kebanyakan memakan waktu yang tersedia, yang bisa digunakan untuk hal lain.

- Topic pembahasan hanya sesuai di fiksi & hampir tidak ada keterkaitan dalam dunia nyata.

- Terkadang selalu membeberkan hal-hal buruk tentang suatu karya orang.


B. Hal-hal yang mencangkup Death Battle


1. Character Fiksi

Pastinya Character adalah elemen penting dalam dunia Death Battle, kalau tidak character, Death Battle juga tidak akan berjalan.


2. Cerita 

Jika kalian ingin character favorit kalian terlihat lebih overpower tentunya berdasarkan dari cerita yang dibuat, suatu character tidak bisa kuat jika tidak ada cerita yang dibuat.


3. Penjelasan Mengenai Character

Biasanya character-character yang dibandingkan dalam dunia Death Battle memiliki penjelasan tersendiri, mulai dari :

- Nama Character

- Asal Character/nama cerita

- System tiering

- Kemampuan, pencapaian, dan statistic.


4. System tiering

Sistem tiering dikhusukan untuk mengukur tingkatan dari suatu character fiksi, dimana pengukuruan ini berdasarkan dari kemampuan & pencapaian character tersebut.

Sistem tiering sendiri dibagi menjadi 12 tingkatan mulai dari :

- 11 ( Terkecil )

- 10

- 9

- 8

- 7

- 6

- 5

- 4

- 3

- 2

- 1

- 0 ( Terbesar )

Sumber : https://vsbattles.fandom.com/wiki/Tiering_System


Apakah System Tiering ini bisa diukur dalam kehidupan nyata?

Tentu saja bisa, tapi harus berdasarkan riset/penelitian lebih lanjut & tidak sembarangan.

Kalian bisa melihat Pengukuran System Tiering dalam dunia nyata di blog ini.

Tiering System in Real Life : https://cogbattleanalytics.blogspot.com/2022/04/tiering-system-in-real-life.html


5. Respect Threads

RT (Respect Threads) digunakan untuk mengaktifasi character dalam dunia dunia Death Battle.

Beberapa contoh dari RT :

https://vsbattles.fandom.com/wiki/User_blog:ByAsura/Meliodas_Respect_Thread

https://vsbattles.fandom.com/wiki/User_blog:Tonygameman/Riku_Rassi_Respect_Thread

Jadi jika kalian ingin character favorit kalian diaktifasi, maka RT diperlukan agar dapat memperjelas suatu character.


6. Calculation

Calculation atau kalkulasi, kondisi dimana kita mengukur dari kemampuan, pencapaian, ataupun lainnya dengan rumus matematika/lainnya.

Biasanya Calculating diperlukan untuk Statistic Character Fiksi, untuk memperjelas baik Serangan, Kecepatan, dan lain sebagainya.


7. Hax

Hax adalah kemampuan yang dimiliki suatu character, bervariasi dari yang sifatnya active ataupun passive.

Baca Hax : https://cogbattleanalytics.blogspot.com/2022/04/hax.html


C. Pertarungan Death Battle


1. Versus Threads Characte

Versus Threads Character di perlukan untuk membuat pertarungan Death Battle terjadi.

Contoh :

- Invoker vs Bell Cranell

- Invoker vs Kirito

- Akuto Sai vs Battler

- Anos Voldigoad vs Rimuru Tempest

- The Law Of Identify vs Featherine Augustus Aurora

Versus Thread : https://cogbattleanalytics.blogspot.com/2022/05/debaters-thread.html


2. Rules

Terkadang dalam dunia Death Battle diperlukan juga sebuah aturan, misalkan jika character tersebut sangat tidak sesuai dengan character lawan, rules bisa dijadikan alternatif tersebut.

Berikut rules yang biasanya dipakai :

- Speed Equal (Kecepatan disetarakan/disejajarkan)

- Exsistence Equal (Keberadaan Setara)

- Statistic Equal (Statistik setara)

- Standard Battle Assumption / SBA


3. Standar Battle Assumptions

Sederhananya Asumsi kita yang ingin dibawah dalam pertarungan, seperti batas waktu, jarak, maupun tempat pertarungan, serta knowledge/pengetahuan tentang character fiksi tersebut.

SBA menurut beberapa sumber :

https://vsbattles.fandom.com/wiki/Standard_Battle_Assumptions

https://character-level.fandom.com/wiki/Standard_Battle_Assumptions


4. Jalan pertandingan/pertarungan

Cara mengetahui bagaimana character tersebut dalam pertarungan adalah dengan melihat jalan pertarungan tersebut.

Kalian bisa melihatnya disini : https://cogbattleanalytics.blogspot.com/2022/05/debaters-thread.html


5. Hasil pertandingan/pertarungan

Tentunya pertandingan/pertarungan yang diadakan pasti ada saja pihak yang menang dan kalah, terkecuali draw, sesuai dengan asumsi judge.

Kalian bisa melihatnya disini : https://cogbattleanalytics.blogspot.com/2022/05/debaters-thread.html


6. Judge

Judge biasanya yang menilai jalan pertandingan/pertarungan dari Death Battle tersebut, dan juga judge biasanya dipilih oleh pihak tertentu & tidak bisa sembarangan.


D. Unsur-unsur Death Battle


1. Audience

Audience diperlukan juga agar Death Battle berlangsung, Audience bisa jadi sebagai pengunjung/pemirsa dan sebagainya, bisa juga menjadi Debaters.


2. Target

Biasanya Death Battle diperuntukkan buat orang yang sangat suka sekali membanding-bandingkan character.


3. Place

Tempat Death Battle sendiri bisa dimana saja, karna ini hanya beradu argumen/asumsi yang kita ketahui tentang character.


E. Penutupan


Ok, mungkin segini aja yang bisa saya beritahu, untuk kedepannya kalian bisa menyaksikkan Death Battle secara langsung di media apapun, baik dalam aplikasi, forum, komunitas, grup, dan sebagainya.


Terima kasih juga buat kalian yang selalu mengunjungi blog ini, untuk kedepannya blog ini akan distabilkan lagi informasi-informasi seputar apapun.

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama