1. Apa itu Death Battle?
Death Battle adalah pertarungan sampai mati antara dua video game populer atau karakter budaya pop. Ben Singer adalah pencipta, peneliti, penulis dan (untuk 19 episode pertama atau lebih) animator acara tersebut. Untuk membuat pertunjukan lebih menarik, dua karakter dibuat untuk menjadi pembawa acara, dan memberikan detail tentang masing-masing karakter sebelum pertempuran berlangsung.
2. Cara kerja sistem Death Battle?
Tentunya sistem kerja Death Battle cukup simpel, kalian hanya perlu mengadu/membandingkan character fiksi baik dari kekuatan/kemampuan, pencapaian, dan sebagainya.
Biasanya, kalian akan disebut sebagai Debaters ketika kalian sudah masuk ke dunia Death Battle dan membandingkan char fiksi tersebut...
3. Dampak Positif/Manfaat/keuntungan apa saja yang bisa didapatkan?
Nah ini dia manfaat yang bisa didapatkan :
- Bisa memahami materi sebelum debat
- Dapat memainkan imajinasi, seperti membuat karya sendiri dengan mengambil referensi dari character/cerita fiksi yang kalian baca/ikuti.
- Kalian bisa menilai sendiri character favorit kalian, mulai dari kemampuan, pencapaian, dll.
- Perluasan informasi fiksi/karya yang cepat.
4. Dampak Negatif
Selain ada manfaat Death Battle juga memiliki dampak negatif, seperti :
- Terkadang pembahasan selalu melenceng jauh dari topic.
- Kebanyakan memakan waktu yang tersedia, yang bisa digunakan untuk hal lain.
- Topic pembahasan hanya sesuai di fiksi & hampir tidak ada keterkaitan dalam dunia nyata.
- Terkadang selalu membeberkan hal-hal buruk tentang suatu karya orang.
1. Character Fiksi
2. Cerita
3. Penjelasan Mengenai Character
Biasanya character-character yang dibandingkan dalam dunia Death Battle memiliki penjelasan tersendiri, mulai dari :
- Nama Character
- Asal Character/nama cerita
- System tiering
- Kemampuan, pencapaian, dan statistic.
4. System tiering
Sistem tiering dikhusukan untuk mengukur tingkatan dari suatu character fiksi, dimana pengukuruan ini berdasarkan dari kemampuan & pencapaian character tersebut.
Sistem tiering sendiri dibagi menjadi 12 tingkatan mulai dari :
- 11 ( Terkecil )
- 10
- 9
- 8
- 7
- 6
- 5
- 4
- 3
- 2
- 1
- 0 ( Terbesar )
Apakah System Tiering ini bisa diukur dalam kehidupan nyata?
Tentu saja bisa, tapi harus berdasarkan riset/penelitian lebih lanjut & tidak sembarangan.
Kalian bisa melihat Pengukuran System Tiering dalam dunia nyata di blog ini.
Tiering System in Real Life : https://cogbattleanalytics.blogspot.com/2022/04/tiering-system-in-real-life.html
5. Respect Threads
RT (Respect Threads) digunakan untuk mengaktifasi character dalam dunia dunia Death Battle.
https://vsbattles.fandom.com/wiki/User_blog:ByAsura/Meliodas_Respect_Thread
https://vsbattles.fandom.com/wiki/User_blog:Tonygameman/Riku_Rassi_Respect_Thread
6. Calculation
Calculation atau kalkulasi, kondisi dimana kita mengukur dari kemampuan, pencapaian, ataupun lainnya dengan rumus matematika/lainnya.
7. Hax
Hax adalah kemampuan yang dimiliki suatu character, bervariasi dari yang sifatnya active ataupun passive.
1. Versus Threads Characte
Versus Threads Character di perlukan untuk membuat pertarungan Death Battle terjadi.
Contoh :
- Invoker vs Bell Cranell
- Invoker vs Kirito
- Akuto Sai vs Battler
- Anos Voldigoad vs Rimuru Tempest
- The Law Of Identify vs Featherine Augustus Aurora
2. Rules
Berikut rules yang biasanya dipakai :
- Speed Equal (Kecepatan disetarakan/disejajarkan)
- Exsistence Equal (Keberadaan Setara)
- Statistic Equal (Statistik setara)
- Standard Battle Assumption / SBA
3. Standar Battle Assumptions
Sederhananya Asumsi kita yang ingin dibawah dalam pertarungan, seperti batas waktu, jarak, maupun tempat pertarungan, serta knowledge/pengetahuan tentang character fiksi tersebut.
SBA menurut beberapa sumber :
https://vsbattles.fandom.com/wiki/Standard_Battle_Assumptions
4. Jalan pertandingan/pertarungan
Cara mengetahui bagaimana character tersebut dalam pertarungan adalah dengan melihat jalan pertarungan tersebut.
5. Hasil pertandingan/pertarungan
Tentunya pertandingan/pertarungan yang diadakan pasti ada saja pihak yang menang dan kalah, terkecuali draw, sesuai dengan asumsi judge.
6. Judge
1. Audience
2. Target
3. Place
Keren Fabyo
BalasHapusPosting Komentar